Ngopi Cantik Sambil Menikmati Kesejukan Kota Salatiga

Kawani.id I Salatiga – Kopeng adalah sebuah kota di Salatiga Jawa Tengah yang terkenal dengan udaranya yang sejuk. Jika anda berwisata ke kota Salatiga jangan sampai terlewatkan untuk mampir ke café ROD’S koffiehuis Belanda, yang beralamat di Dusun Dukuh, Kopeng. Café ini memiliki keunikan karena café ini di design oleh Mr. Rodney Hogeboom seorang warga negara Belanda, sehingga bangunan café ini mengambil konsep Jawa yaitu rumah Joglo tapi interior dari café ini mengandung unsur Belanda yang khas dengan perapirannya.

Bahkan tempat ini dikenal dengan sebutan Kafe Joglo Belanda. Bangunan Joglo Belanda ini didirikan pada tahun 2012, namun untuk café ROD’S koffiehuis Belanda ini baru saja melakukan soft opening pada tanggal 11 Oktober 2020. Demikian penjelasan dari Mas Yunan sebagai co-owner dari R0D’S koffiehuis Belanda.

Menu khas yang disajikan café ini adalah kopi asli dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya kopi Aceh, kopi Toraja, Kopi Temanggung, Kopi Bali, Kopi Flores, Kopi dari Jawa Barat dan juga Jawa Timur. Kopi yang kami sajikan ini asli dari daerah tersebut, kami tidak mengoplos kopi-kopi tersebut. Kami langsung membeli kopi tersebut dari petani kopi di daerah-dareah. Brand Kopi kami Cakra dari CV. Cakra exportir kopi terkemuka di Salatiga Jawa Tengah.

Kami sudah ekspor kopi sampai ke Korea Selatan, Amerika dan akan kami ekspor juga ke Jerman. Selama pandemic kemarin penjualan ekspor kami menurun, namun untuk penjualan lokal justru meningkat. Hal ini mungkin dipacu dengan banyak UKM yang berkembang dengan melakukan penjualan kopi secara online. Kami juga menggunakan social media Instagram @rodskoffiehuisbelanda. Ujar Ibu Hesti

Selain dari menu beragam kopi, café ROD’S koffiehuis Belanda juga menyediakan berbagai macam menu khas Jawa. Tidak ketinggalan menu singkong keju khas Salatiga. Dan selain kopi kami juga akan menambahkan menu cascara. Minuman cascara ini terbuat dari kulit kopi yang diolah, sekilas mirip dengan teh. Ujar Bu Hesti co-owner dari R0D’S koffiehuis Belanda.

Penulis: KWN06