Cara Katar Cibinong ‘Bebaskan’ Kali Baru dari Label Tempat Sampah

Lima anggota Karang Taruna Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, naik perahu karet di atas aliran Kali Baru yang mulai terbebas dari sampah

Kawani.id | Bogor, – Kali Baru yang menjadi sodetan Sungai Ciliwung, ketika zama Belanda, difungsikan untuk irigasi mengairi sawah-sawah dari mulai Sukaraja, Cibinong, Depok sampai wilayah Jakarta Timur. Namun sayangnya, sejak wilayah terlintasinya dipadati pemukiman. Fungsi irigasi dari Kali Baru pun mulai hilang berganti dengan fungsi sebagai tempat pembuangan sampah terpanjang.
“Selama bertahun-tahun Kali Baru menjadi tempat buang sampah dari mulai hulu sampai hilir, akibatnya saat debitnya air naik di kala pintu di bendung Katulampa dibuka lebar, sampah beraneka jenis menumpuk di pintu-pintu air,” kata Ketua Karang Taruna Kecamatan Cibinong, Deni Suhendar, Senin (22/02/2021).
Berangkat dari keprihatinan ditambah keinginan besar membebaskan Kali Baru dari label sebagai tempat buang sampah, Deni didukung rekan-rekannya, diantaranya Edwin, Tinus, Sulis dan Yusman, memulai langkah awal membersihkan sampah yang menumpuk di bantaran kali yang lokasinya berada di depan sebuah bangunan pusat perbelanjaan modern di Kelurahan Pabuaran.
“Awal yang paling berat dan menguras tenaga, waktu serta materi membersihkan sampah, tapi dengan kebulatan tekad yang ingin mewujudkan mimpi Kali Baru terbebas dari sampah, dari awal Oktober 2020 sekarang hasilnya mulai terlihat meski belum sempurna 100 persen,” ujar Edwin, diamini Tinus, Sulis dan Yusman.
Edwin mengungkapkan, dana untuk pembersihan sampah dan belukar di bantaran kali, termasuk membangun saung  yang difungsikan untuk tempat merancang kegiatan  bersumber dari swadaya.
“Bantaran kali yang awalnya penuh sampah kami jadikan tempat pembibitan tanaman buah. Nah untuk kali, kami berencana akan dijadikan tempat latihan arung jeram sekaligus edukasi kepada warga tentang pentingnya menjaga kelestarian Kali Baru yang akan kembali menyatu dengan induknya Sungai Ciliwung,” jelasnya.
Deni berharap, aksi nyata Katar Cibinong untuk membebaskan Kali Baru dari label sebagai tempat pembuangan sampah menular ke masyarakat. “Inilah cara yang bisa kami lakukan, agar kedepannya orang-orang yang biasa buang sampah ke Kali Baru malu dan menghentikan kebiasaan buruknya itu,” ujarnya.
Selain membebaskan Kali Baru dari label buruk, Deni mengatakan, kedepannya Kali Baru bisa dijadikan arena wisata edukasi lingkungan bagi warga Cibinong dan sekitarnya. “Perahu karet yang kami sediakan itu nantinya akan dijadikan wahana edukasi dan pengenalan kondisi Kali Baru kepada warga, khususnya pelajar, jika Kali Baru itu memiliki potensi, ketika kelestariannya dijaga,” tegasnya.
Brigadir Kepala (Bripka) Margono, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pabuaran mengaku salut dengan aktivitas Katar Cibinong yang berhasil mengubah sedikit demi sedikit wajah Kali Baru.
“Kegiatan positif untuk melestarikan lingkungan ini harus didukung semua pihak. Kerja keras teman-teman Katar sekarang mulai terlihat, kondisi Kali Baru, saat ini mulai bersih dan enak dipandang mata,” katanya menutupi.

Penulis : KWN 01