Terong Albino “Prospek Menjanjikan” Petani Sayuran

kawani.id | Berbicara sayuran memang banyak, umumnya terong yang beredar di pasaran adalah terong berwarna ungu dan hijau. Bersiaplah, kini ada terong albino alias terong berwarna putih

Tepat Di Gg Masjid  Sawangan Kota Depok Jawa Barat  terdapat Jenis terong unik satu ini berasal dari Jepang, berwarna putih dengan bentuk silindris memanjang. Selain kulitnya, dagingnya pun berwarna putih dengan biji kecil seperti terung pada umumnya. Ukurannya sekitar 10-20 cm, sesuai dengan varietasnya di sebut Terong Albino ( Berwarna Putih)  Kamis Malam Sekitar jam 20:00 WIB,( 28/08/2020)

Kami menanyakan kepada pemilik tanaman terong Albino,  Ridwan Baily mengatakan kepada kawani.id berawal dari pandemi dan  WFH hanya menanam satu pohon saja, buat hiasan dihalaman rumahnya, ketika berbuah hasilnya cukup bagus dan unik warnanya putih, tepat sekali karena terong albino berbuah pada pertengahan sampai akhir musim panas seperti sekarang ini banyak sekali buahnya,akhirnya menanam lebih banyak, dan dikomsumsi sendiri, dan diberikan kepada tetanggga dekat rumah ” ucapnya”

Menurut informasi yang di perolehnya terong putih harganya cuku tinggi di pasaransetiap 1 kilogram da dianggap lebih sedikit menyerap minyak saat dimasak unyuk di komsumsi. Karenanya, terong putih bisa lebih menyehatkan. cara terbaik dalam mengolah terong putih adalah dengan memanggangnya  ” Ucap Ridwan”

Ridwan juga menjelaskan Terong putih adalah salah satu jenis sayuran yang merupakan varietas baru dari jenis terong-terongan. Memang masih asing, namun terong putih ini mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan manusia  memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya diantaranya, vitamin K, vitamin E, niacin, tiamin, folat, ribloflavin, nasunin, striknin, skopolamin, skopoletin dan skoparon. Tidak hanya itu, terong putih juga mengandung antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas dan juga menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.” Pungakasnya”

Di tempat yang sama Ridwan mengatakan , ditengah kesibukannya berkerja mempunyai rencana untuk membudayakan, tanaman hanya sebagai hiasan halaman rumahnya, tetapi ingin menjadikan budidaya pertanian terong putih ( Albino), memanfaatkan perkebunan yang di milikinya didaerah sawangan karena prospeknya cukup bagus ” tutupnya”