Rendang Payakumbuh Tatap Pasar Ekspor

Kawani.id | Jakarta Rendang asal Payakumbuh, Provinsi Sumatra Barat,  mulai merambah pasar ekspor, diantaranya Arab Saudu. Rencana menjual produk rendang kepasar global akan diperluas menyusul terbitnya sertifikat ISO 22000 .

“Pusat Industri Kecil dan Menengah (IKM) Rendang Payakumbuh,  saat ini menjadi satu-satunya pusat rendang yang sudah memiliki kelengkapan sertifikasi olahan pangan,”kata Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja dan Perindustrian (Kadinasterin) Kota Payakumbuh, Wal Asri, saat mendampingi kunjungan Sekretaris Kementetian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim.

Wal Asri mengatakan, IKM Rendang Payakumbuh yang dibina UPTD P3R, karena  melihat potensi UMKM rendang yang sangat besar namun belum terhimpun dalam satu wadah. “Makanya, kami kumpulkan mereka untuk dibimbing dan bagaimana memproduksi rendang yang higienis dan efisien,” jelas Wal Asri.

Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim, dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Selasa (20/04/2021)  mengapresiasi keberhasilan sentra IKM   rendang Payakumbuh yang berhasil mendapatkan berbagai sertifikasi yang dibutuhkan.Apalagi, IKM rendang Payakumbuh ini sudah mampu menghimpun puluhan UMKM produsen rendang dalam satu wadah koperasi serta memiliki rumah produksi bersama.’ “Kalau kita fokus pada satu usaha, dalam hal ini rendang, maka tingkat keberhasilannya akan sangat tinggi. mudah- mudahan ini dapat dikembangkan lagi dengan tehnologi menuju usaha yang lebih profesional,” tutup Arif