Kembangkan Perikanan Budidaya,Begini Langkah dari KKP

Sejumlah santri Pondok Pesantren Buhairatur Istirhamiah, Kabupaten Cianjur, sedang membuat tempat pembenihan ikan lele

Kawani,id | Cianjur, – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (BPPP) Tegal, Jawa Tengah, mengajak sekaligus melatih santri di Kabupaten Cianjur membudidayakan benih ikan lele.

Kepala Pusat Pelatihan KP Lilly Aprilya Pregiwati mengatakan, pelatihan pembenihan ikan lele kepada santri di Cianjur yang berlangsung pada pekan lalu bagian dari program mendukung pengembangan perikanan budidaya.

“Pengembangan perikanan budidaya saat ini tengah digencarkan KKP, salah satu strateginya dengan memprioritaskan pembangunan kampung-kampung atau sentra perikanan budidaya yang terintegrasi dari hulu ke hilir demi memperkuat ketahanan pangan nasional,” katanya, dikutip dari laman resmi KKP, Senin (22/02/2021).

Pelatihan pembenihan lele di Cianjur, kata Lilly, diikuti 50 peserta berlangsung selama dua hari dan bertempat di Pondok Pesantren Buhairatur Istirhamiah.

“Dari pelatihan ini, kami berharap pengetahuan, keterampilan, dan sikap para santri dalam melakukan usaha pembenihan ikan lele meningkat dan menghasilkan benih ikan yang baik dan sesuai dengan klasifikasi bibit unggul,” ujarnya.

Selain itu, pelatihan kepada santri, kata Lilly, dimaksudkan  menumbuhkan jiwa wirausaha masyarakat pelaku utama usaha kelautan dan perikanan darat untuk mendorong perekonomian di tengah pandemi Covid -19. “Pelatihan dua hari itu tidak dilakukan dengan tatap muka, tapi dilaksanakan secara virtual,” jelasnya.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Sjarief Widjaja mengatakan, pada masa pandemi, budidaya ikan merupakan salah satu usaha yang menarik minat masyarakat.

“Peningkatkatan produksi budidaya ikan harus didukung sektor hulunya yaitu pembenihan turut ditingkatkan, sebab tanpa pembenihan ikan, kegiatan lain seperti pendederan dan pembesaran tidak akan terlaksana karena benih yang digunakan semuanya berasal dari sana,”terangnya menutupi.

Penulis : KWN 01