Dukung Pemasaran Usaha Online,Blibli dan BCA Jalin Kerja Sama

Kawani.id | Jakarta, – Pandemi Covid -19 yang melanda tanah air sejak Maret 2020 lalu membuat perilaku berbelanja sebagian besar masyarakat dari offline beralih kedaring (online).

Peluang ini yang ngetren di masa pandemi ini pun tak luput dari bidikan PT Bank Central Asia (BCA) Tbk yang berkolaborasi dengan PT Global Digital Niaga, pemilik platform digital Blibli, Jumát (19/02/2021) menggelar diskusi virtual bertema “Strategi Meningkatkan Penjualan di Masa Pademi”.

Sebagai informasi webinar yang dihelat BCA dengan Blibli ini  bentuk dukungan yang diberikan BCA, yaitu pendampingan dan pembekalan bagi debitur.

Pada kesempatan ini, debitur dibekali informasi dan strategi penjualan online dari AVP Seller Engagement & Academy Blibli Shirley Handoko dan EVP Commercial & SME Business Freddy Iman. Sedikitnya ada   100 debitur terpilih mengikuti kegiatan tersebut.

“Kehadiran webinar ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada debitur. Kami berharap, pelaku UKM yang sedang mengembangkan bisnis akan mendapatkan wawasan baru dan strategi baru untuk mengembangkan bisnisnya,” kata Freddy Iman, dalam keterangannya, Senin (22/02/2021).

Mengutip data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2019, dari 143 juta pengguna internet Indonesia,  di mana  86 persen diantaranya membeli produk di e-commerce. Hal ini menunjukkan bahwa e-commerce dapat menjadi saluran penting bagi bisnis.

Dalam webinar itu, peserta diberikan informasi tentang tips atau kiat untuk  mengoptimalkan bisnis online secara digital, yang mencakup pemilihan produk yang relevan untuk dipasarkan, memaksimalkan fitur-fitur promosi di platform penjualan, menjaga dan mempertahankan service yang diberikan kepada konsumen dan  mengoptimalkan penggunaan Search Engine Optimization (SEO) untuk produk bisnis.

“Jujur saja, saya secara pribadi  bahagia bisa berbagi ilmu kepada rekan-rekan pelaku UMKM dalam pengembangan bisnis online, sebagai salah satu e-commerce,”kata AVP Seller Engagement & Academy Blibli Shirley Handoko.

Shirley mengungkapkan, berdasarkan catatan,  selama pandemi Covid -19 pertumbuhan transaksi dengan metode pemasaran digital bagi UMKM kini menjadi sebuah kebutuhan yang esensial karena puluhan juta orang mengunjungi e-commerce tiap bulan. “Memiliki produk yang tampil di e-commerce dapat membantu meningkatkan brand exposure,” kata Shirley menutupi.

Penulis : KWN 01