Dorong UMK Naik Kelas Pertamina Bantu Promosi Digital

Kawani.id | Jakarta,  PT Pertamina (Persero) melalui program kemitraan berkomitmen mendampingi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) binaannya menjadi UMK naik kelas. Salah satu upayanya dengan memfasilitasi promosi digital melalui sosial media yang dikelola Program Kemitraan Pertamina.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto mengatakan, saat ini terdapat beberapa platform media sosial, diantaranya Galeri Entrepreneur Nusantara (GEN yang menampilkan kegiatan  yang berhubungan dengan mitra binaan, seperti promosi produk, kegiatan pembinaan, hingga beragama cara lomba.

“Berdasarkan survei kebeberapa mitra binaan Pertamina, terdapat perkembangan positif pada usaha-usaha yang telah menerapkan pemasaran secara digital dengan bantuan Pertamina. Rata-rata peningkatan omzet sampai sebesar 58 persen, pada kondisi sebelum dan sesudah menjadi binaan Pertamina” kata Agus, dikutip dari laman resmi Pertamina,  Senin  (19/04/2021).

Bahkan, kata Agus, ada mitra binaan yang mengalami lonjakan omzet lebih dari 100 persen, seperti usaha Inspiration Craft milik Hendra Tjandra. Bisnis yang bergerak dibidang kerajinan tangan dengan teknik decoupage ini, lanjut Agus,  sukses mendapatkan peningkatan omzet hingga 5 kali lipat setelah menjadi binaan Pertamina dan fasilitas promosi di dalamnya. “Semula hanya Rp 2 juta/bulan, kini bisa lebih dari Rp10 juta” tuturnya.Selain dari sisi omzet, sambung Agus, kapasitas produksi para mitra binaan juga mengalami peningkatan sebesar 48 persen. Efeknya jumlah jumlah pekerja bertambah rata-rata hingga 37 persen. “Jadi pola kemitraan kami sudah sesuai dengan implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi,” tutupnya.