Dikelola IPB University, Ini Jualan dari Botani Mart Dramaga

Kawani.id | Bogor, – Para penghobi tanaman hias kini tak perlu lagi repot nyari-nyari sentra penjualan tanaman hias dan buah, karena di di Bogor, tepatnya di Jalan Raya Sindang Barang – Dramaga, Bogor, Jawa Barat, sudah ada pasar khusus tanaman yang disebut Botani Mart.

Keberadaan Botani Mart dikelola pihak kampus IPB University, sejak masa pandemi Covid -19 yang memasuki bulan ketujuh, tempat penjualan tanaman hias dan buah-buah varietas unggul tak pernah sepi dari kunjungan para pencinta dan penghobi tanaman, salah yang jadi favoritenya tanaman hias Janda Bolong.

“Di Botani Mart, semua jenis tanaman hias dan buah lengkap, harganya pun terjangkau kantong, karena yang mengelolanya IPB University,” kata seorang ibu rumah tangga yang berasal dari Kecamatan Ciampea mengaku bernama Erni, kepada wartawan Minggu (11/10/2020).

Manager Botani Mart dan Manager Botani Merchandise Lita Herlinawati mengatakan, sejak dibuka dan resmi beroperasi November 2018 lalu, banyak warga mencari kebutuhan pupuk, media tanam dan tanaman buah di Botani Mart. Bahkan tak sedikit konsumen yang datang dari luar Bogor. “Alhamdulillah tingkat kunjungan terus meningkat sejak dibuka dua tahun lalu. Malah sekarang banyak warga luar Bogor yang datang mencari tanaman hias,” katanya.

Ketika ditanya jenis tanaman hias apa saja yang banyak dicari saat ini, Lita menjelaskan ada beberapa tanaman hias yang banyak dicari, diantaranya aglonema, janda bolong, begonia dan lain-lain. Pesanan dari konsumen itu sudah tersedia di Botani Mart.

“Karena fungsinya sebagai pasar tanaman, kami upayakan semua koleksi ada, karena di kami tak hanya menjual tanaman,tapi ada unsur edukasi dan kampanye kami untuk mengajak warga agar bercocok tanam, apalagi di masa pandemi ini,”ujarnya.

Selain tanaman, kata Lita, di Botani Mart juga menjual berbagai pupuk organic serta media tanam. “Pupuk kompos yang kira jual bernama POSTGUN. Kompos super produksi ATP IPB. Jadi gak usah khawatir soal mutu kompos kami, silahkan datang kemari. Buru tanaman hiasnya, jangan lupas komposnya, Agar tanaman makin sehat,” tutupnya.

Penulis/Editor : KWN 01