Deklarasi Perang Lawan Covid -19, GIPI Siap Bangkitkan Industri Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Ketua Umum GIPI, Didien Junaedy

Jakarta | Kawani.id – Asosiasi industri pariwisata yang tergabung di bawah payung Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI),  siap membantu upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membangkit pariwisata dan industri turunnnya. Dukungan GIPI itu digaungkan saat deklarasi industri pariwisata bergerak dan perang melawan Covid -19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno, mengapreasasi gerakan yang dibuat industri untuk bersatu padu membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.  “Saya sangat berbahagia bahwa industri di sektor pariwisata menyatakan akan bergerak melawan Covid -19. Tentunya ini butuh dukungan akan kepatuhan dan kedisiplinan kita untuk menerapkan protokol kesehatan,” katanya dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Selasa (20/04/2021).

Sandiaga menjelaskan, selain penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, kesiapan destinasi wisata yang memenuhi unsur-unsur kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlangsungan lingkungan harus diperhatikan. “Dengan komitmen tersebut diharapkan dapat menciptakan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Apalagi, sektor industri pariwisata menyerap sekitar 30 juta tenaga kerja,” ujarnya.

 Ketua Umum GIPI, Didien Junaedy mengatakan, deklarasi ini juga menjadi payung dari industri pariwisata dalam menjalankan strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang akan menentukan kepariwisataan Indonesia ke depan.”Upaya dalam membangkitkan pariwisata Indonesia ini membuka peluang atau momentum untuk melaksanakan kolaborasi antara industri dan Kemenparekraf yang akan berfokus pada tata niaga pariwisata domestic, sehingga kolaborasi itu bisa menjadi penggerak perekonomian nasional,” kata Didien menutupi.