Tilang Elektronik di Depok akan Diberlakukan, Ini Alat untuk Merekam Pelanggar

Kawani.id | Depok, – Kepolisian Resort Metro (Polrestro) Depok akan memberlakukan sistem Tilang elektronik. Satu mesin untuk merekam pelanggar lalu lintas yang dinamai Electronic Traffic Law Enforcemen (ETLE) sudah dipasang di bawah Jempatan Penyebrangan Orang (JPO) Jalan Raya Margonda, tepat di depan kantor balaikota.

“Untuk pemasangan mesin sudah 100 persen, saat ini kami sedang melakukan uji coba,”kata Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Metro Depok, Komisaris Polisi (Kompol) Erwin Aras Genda, kepada wartawan, Jumát (25/09/2020) pagi.

Kompol Erwin menjelaskan, uji coba Tilang elektronik akan diberlakukan selama satu bulan. Selama uji coba pelanggar tidak akan dikenakan sanksi baik teguran maupun tindakan.

“Uji coba ini, kami ingin mengetahui apa yang menjadi kekurangan. Tapi, kalau dari sisi alat atau mesin tidak ada persoalan. Pengguna lalu lintas yang melakukan pelanggaran otomatis akan direkam mesin, termasuk nomor polisi kendaraan,” ujarnya.

Kompol Erwin lebih lanjut mengatakan, ketika sistem Tilang elektronik diberlakukan, pengguna jalan yang melakukan pelangga akan dikirimkan surat sesuai dengan nomor kendaraan yang digunakan saat itu.Selanjutnya dilakukan dikonfirmasi apakah yang bersangkutan benar melintas saat itu.

“Misalkan ada pelanggaran maka ada hasil bukti digital yang dikirim ke alamat nopol tersebut dan dikonfirmasi. Kalau benar, di sana sudah ada bukti Tilangnya berikut sanksi berupa denda yang dan harus dibayarkan kekas negara melalui bank,” tutupnya.

Sebagai informasi, saat ini Tilang elektronik banyak diberlakukan di kota-kota besar di Indonesia, penggunaan mesin perekam pelanggar lalu lintas ini diciptakan untuk mendisplinkan pengguna jalan, agar berhati-hati saat berkendaraan di jalan raya dan mematuhi semua aturan, karena kalau pun tidak ada petugas, ketika melakukan pelanggaran bukti Tilang akan dikirim ke alamat rumah berdasarkan nomor kendaraan yang digunaakan saat pelanggaran dilakukan.

Penulis KWN 05
Editor KWN 01