Jadi Tempat Isolas Pasien OTG, Wisma Makara UI Disemprot Disinfektan

Kawani.id | Depok,- Dinas Pemadam Kebakaran  dan Penyelamatan Kota Depok, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (19/11/2020) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh bangunan yang ada di Wisma Makara, Universitas Indonesia. Penyemprotan dilakukan untuk memastikan Wisma Makara yang akan dijadikan tempat isolasi dan perawatan pasien Covid -19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) bebas dari kumah, bakteri serta virus.

“Penyemprotan disinfektan itu tak hanya di luar, tapi disemua bagian  wisma, termasuk kamar tidur, WC serta taman yang ada di depan wisma,kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Rumolu Hutahuruk, kemarin.

Denny mengatakan, dalam kegiatan kali ini pihaknya menurunkan delapan petugas dan satu unit motor Covid-19 guna mensterilkan area luar wisma dan jalan di sekitarnya. “Selain itu, kami juga membawa tiga mesin fogger untuk menyemprot bagian dalam kamar,”ujarnya.

Kapasitas Wisma Makara memiliki 120 tempat tidur. Terkait penanganan, pihak manajeman sudah melakukan pelatihan. “Termasuk bagaimana tata cara kasih makan, pakaian, baju-baju untuk OTG, semua sudah meraka persiapkan,” kata Denny.

Lanjut Denny, pihaknya juga memberikan bantuan peralatan kesehatan kepada tenaga kesehatan yang akan bertugas  di Wisma Makara UI, seperti, Alat Pelindung Diri (APD), masker medis, cairan disinfektan serta sarung tangan latex. “Semoga bisa cepat terlaksana untuk dapat menampung pasien OTG,” tutupnya.

Penulis : KWN 05