Cemilan Kedebong Pisang Tembus Pasar Luar Depok

Kawani.id | Depok,- Kedobong pisang atau batang pohon pisang yang biasanya menjadi limbah,

di tangan Yusnidar, warga Kota Depok, Jawa Barat, limbah tersebut disulap  menjadi panganan unik dan bernilai jual. Bahkan penjualan produk olahan tersebut  menembus pasar luar Depok, diantaranya Pelembang, Sumatra Selatan.

Yusnidar yang tercatat pelaku usaha mikro yang tinggal di Kelurahan Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok itu megatakan, membuat panganan cemilan berbahan dasar kedebong atau batang pisang, ide awalnya adalah ketika dirinya melihat limbah debong pisang yang terbuang begitu saja. “Kedebong pisang itu saya coba olah jadi panganan ringan, eeeh tahu berhasil dan enak rasanya,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Yusnidar mengatakan, membuat camilan ini tidak terlalu rumit tetapi membutuhkan proses yang panjang. Sebab, debong pisang harus dicuci berkali-kali dan dikukus terlebih dahulu, kemudian dicampur bersama bahan lainnya seperti tepung tapioka, garam, rempah-rempah untuk diblender menjadi satu. Selanjutnya dikukus kembali lalu diiris tipis-tipis, kemudian dijemur dan digoreng sebelum dikemas.

“Sebelum menjadi produk yang sekarang, saya sempat beberapa kali melakukan uji coba dengan membagikan sampel kepada tetangga sekitar dan tanggapan mereka cukup beragam. Alhamdulilah, sekarang pemintaan terhadap produk saya terus meningkat setiap bulannya,”ungkapnya”

Jerih payah Yusnidar pun membuahkan hasil, cemilan dengan bahan baku kedebong pisang sudah dikenal luas masyarakat Kota Depok. “Saya berharap, kedepannya banyak warga Depok yang mengikuti jejak seperti saya, karena ini bisa menambah income keluarga terlebih di masa pandemic Covid -19 ini,”tutupnya.

Penulis : KWN 05

Editor : KWN 01