Berdayakan Potensi Wanita Leuwinanggung, Pemkot Depok Siapkan Program Ini

Kawani.id | Depok –Perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, terhadap kaum wanita tak pernah berkurang dan kendor. Sejumlah program untuk menggali dan memberdayakan potensi kaum hawa disebar di sejumlah. Sejumlah program untuk menggali dan memberdayakan potensi kaum hawa disebar di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), satu dari sekian programnya, yakni Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

“P2WKSS program yang sangat bagus, makanya Pemkot Depok, setiap tahunnya tak pernah berhenti memasukan program P2WKSS dalam APBD,” kata Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, di Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Depok, Minggu (20/09/2020) siang.

Pradi menjelaskan, pelaksanaan program P2WKSS, utamanya yang terkait dengan proyek fisik, seperti pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), perbaikan sarana lingkungan dan lain-lainnya yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat di semua kelurahan, tanpa kecuali Leuwinanggung, sebagian besar mendekati selesai.

“Program sudah sesuai dengan rencana, SKPD yang memiliki program P2WKSS sudah sangat baik melakukan pengawasan. Makanya, memasuki Oktober semua program P2WKSS di semua kelurahan se – Kota Depok sudah selesai 100 persen,” ujarnya.

Selain pembangunan fisik, kata Pradi, program P2WKSS juga menyasar pada aktivitas ekonomi, semisal memberdayakan wanita melalui pertanian, jahit menjahit, rias pengantin dan lain-lainnya agak tertunda, karena adanya pandemi Covid -19.

“Tapi, secara perlahan program pemberdayaan dan pembinaan saat ini mulai dilaksanakan meski dengan jumlah peserta terbatas,” jelasnya.
Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaam Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessy Annisa, Handari membenarkan, untuk beberapa program pembangunan fisik sudah hampir selesai. Sedangkan untuk program pembinaan yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19, mulai dijalankan kembali. “Program pembinaan dan sosialisasi kami jalankan kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar aman bagi semua. Kami optimis semua akan selesai pada akhir Oktober 2020,” tutupmya. (KWN05/KWN01)