Program CSR Indocement, Siswa SMK Dikenalkan Kontruksi Sepeda Motor

Kawani.id | Bogor, – PT Indocement Tunggal Prakara Tbk, di masa pandemi Covid -19 tidak menghentikan program-program tanggungjawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar pabrik, satu dari sekian program yang didanai dari Corporate Social Responsibility (CSR) pelatihan teknik dasar sepeda motor kepada siswa SMK jurusan mesin ringan atau otomotif.

“Karena masih pandemi. Pelatihan tak bisa dilaksanakan langsung atau tatap muka, tapi dengan cara virtual. Ini kami lakukan untuk mencegah adanya penularan Covid -19,” kata CSRS Division Manager PT Indocement,  Gadang Wardono, dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/02/2021).

Gadang mengatakan, pelatihan ini bagian dari program vokasi Indocement, tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan tentang seluk beluk mesin dan elektrikal atau kontruksi utuh  dari sepeda motor kepada pelajar kelas X dan XI SMK Budiniyah.

“Saat pelatihan saya tak sendiri, tapi didampingi dua instruktur tetap Indocement yang sudah lama berkecimpung di dunia permesinan dan elektrikal sepeda motor, yakni Pak Suhendar, beliau warga Desa Lulut, Kecamatan Klapanunggal, penggagas Gerakan Masyarakat Mandiri (Gemari) dan Pak Teguh,” ujarnya.

SMK Budiniyah, kata Gadang, merupakan sekolah kejuruan yang menjalin kerja sama dengan Indocement di bidang vokasi. “Harapan kami dengan adanya pelatihan meski dilakukan secara virtual, siswa SMK Budiniyah  bisa menggali ilmu yang sebanyak-banyaknya dari ketiga narasumber webinar serta menjadi added value untuk pembelajaran,” tegasnya.

Gadang mengatakan, kedepannya setelah pandemi  usai pelatihan tak hanya untuk sekolah yang ada di sekitar pabrik, tapi bisa menjangkau seluruh SMK di Kabupaten Bogor. “Ini menjadi cara kami (Indocement) berkontribusi kepada daerah dan Indonesia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang siap diterjunkan ke industri atau dunia kerja,” tutupnya.

Penulis : KWN 01