Ini Cara Ngabuburit Ala Komunitas Pesepeda Weekend Pedalers

Kawani.id | Bogor, – Ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa tak bisa dihilangkan dari bulan Ramadhan, namun karena pandemi Covid -19, format ngabuburit berbeda, seperti yang dilakukan  komunitas Weekend Pedalers, Bogor,  pada pekan pertama Ramadhan, tepatnya Sabtu (17/04/2021) lalu, komunitas ini menggelar acara rutin tahun untuk saling bersilaturahmi sekaligus berbagi sesama masyarakat sekitar.

“Selain bersepeda kita juga ikut dengan membagikan nasi box di sekitar Jalan Raya Pajajaran Kota Bogor yang merupakan donasi dari KALARAS HERITAGE RESTAURANT,” kata salah satu pendiri Weekend Pedalers, Tama Poetra, Senin (19/04/2021).

Dengan tag Ride for Good, kata Tama,  Weekend Pedalers sendiri rutin melakukan gowes setiap hari di Sabtu pagi pada bulan-bulan biasa. “Setiap pekannya selalu ada program tersendiri di setiap kumpul bersepeda,” ujar Tama.

Weekend Pedalers sendiri merupakan wadah para pesepeda yang dibentuk oleh 6 orang diantaranya Evan, Tama, Nana, Erik, Pirlan, Oki. Komunitas ini berdiri berawal dari gowes di Kebun Raya Bogor, nama Pedalers yang artinya pengayuh pedal (sepeda).

“Terbentuknya komunitas ini berawal dr grup wa, lalu kemudian bertambahnya member grup setiap waktu,” katanya.

Saat ini total anggota ada 14 orang. Uniknya komunitas ini terbentuk  dari pertemanan yang sudah dipupuk sejak lama.Para anggota dengan konsisten menjalin silaturahmi melalui hobby yang sama.

“Cita-cita dan harapan Weeekend Pedalers tidak ingin menjadi komunitas sepeda musiman semata,”ungkap Tama.

Dengan semakin eksisnya komunitas ini, mereka masih tidak menargetkan jumlah member melainkan silaturahmi yang dapat terus terjalin sampai kapanpun.

“Tidak ada target jumlah member, biar sedikit yang penting solid, karena Weekend Pedalers bukan bukan komunitas tetapi keluarga,”ungkapnya.

Sementara untuk jenis sepeda para anggota, Weekend Pedalers membatasi di genre urban bike saja,  “Misalnya, commuterbike 26 atau 700c dan fixie,”tambahnya.

Selain sebagai wadah silaturahmi, melalui komunitas Weekend Pedalers ini mereka berharap dapat mengenalkan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan.

“Harapannya adalah ingin memasyarakatkan sepeda menjadi alat transportasi, hemat energi, non polusi dan mengurangi kemacetan,”imbuhnya. (*)

untuk teman teman yang ingin ikut bergabung di kegiatan Weekend Pedalers ini bisa mengakses ke instagram nya @weekend.pedalers