Dana SamiSade di Kecamatan Ciseeng akan Dipakai Ini

Sekretaris Kecamatan Ciseeng, Kabupaten BogorHeri Risnandar

Kawani.id | Bogor,- Program SamiSade atau Satu Miliar Satu Desa yang digagas Bupati Bogor Ade Yasin, pada tahun anggaran 2021 ini mulai direalisasikan. Berdasarkan data dari 416 desa yang tersebar di 39 kecamatan, hanya 349 desa  yang mengajukan program SamiSade, termasuk 10 desa di Kecamatan Ciseeng.

“Alhamdulillah 10 desa di Ciseeng masuk sebagai penerima program SamiSade, pada  tahun anggaran 2021 ini. Dana bantuan senilai satu miliar itu akan dimanfaatkan membangun infrastruktur desa,”kata Sekretaris Kecamatan Ciseeng Heri  Risnandar, Senin (18/01/2021).

Heri mengatakan, program SamiSade ini sangat membantu pemerintah desa dalam mempercepat pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, dari sekian banyak program pembangunan, jalan menempati  urutan paling pertama yang diusulkan.

“Karena tujuannya untuk memulihkan ekonomi di tengah masa pandemi, pelaksanaan program SamiSade akan melibatkan masyarakat, artinya pekerjaan pembangunan infrastruktur dilaksanakan dengan sistem padat karya, seperti yang ditegaskan Bupati Ibu Ade Yasin,”ujarnya.

Heri optimis, program SamiSade akan mempercepat penyelesain pembangunan di desa, karena sebelumnya untuk membangun desa praktis mengandalkan dana desa serta alokasi dana desa (ADD). “Program SamiSade tak hanya melulu untuk infrastruktur, tapi akan diarahkan pada pemberdayaan ekonomi masyarakat,”katanya.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Ciseeng Ade Kurniawan menambahkan, dari 10 desa di Kecamatan Ciseeng sudah diakomodir, artinya sudah dilakukan tahap pemberkasan dari kecamatan. “10 desa kita sudah usulkan dan allhamdulilah terakomodir. Hanya Desa Babakan, nanti turunnya pada perubahan anggaran,” ungkapnya.

Ketua DPRD Rudi Susmanto pun mendukung program SamiSade yang digagas Bupati Ade Yasin. Politisi Partai Gerindra itu berharap program SamiSade mempercepat penyelesaian masalah infrastruktur di pedesaan. “Program SamiSade sangat bagus, makanya di APBD 2021 kita langsung oke kan program itu masuk,”tegasnya menutupi.

Penulis : KWN 01