Bansos Tahap Tiga Jadi Bansos Terakhir Dari Pemkab Bogor

Bupati Bogor, Hj Ade Yasin SH saat memberikan bansos tahap dua. (Foto/ist)

Kawani.id | Bogor – Pendistribusian Bantuan Sosial (Bansos) tahap dua, rampung sudah. Rencananya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, bakal melakukan pendistribusian tahap tiga dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor Nuradi mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan rapat evaluasi terkait pendistribusian Bansos tahap dua. Jum at (9/10/2020) akhir pekan lalu

“Alhamdulillah Bansos tahap dua sudah selesai kita distribusikan kepada masyarakat di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor. Saat ini kita sedang mengevaluasinya,” katanya.

Rapat evaluasi tersebut, sambungnya, menyinggung soal sejumlah kendala dalam proses pendistribusian Bansos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Disperdagin Kabupaten Bogor juga masih menunggu pihak Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog), kaitan ketersediaan beras untuk didistribusikan kepada masyarakat nanti.

“Kita masih menunggu konfirmasi dari pihak Bulog kaitan ketersediaan beras yang ada saat ini. Karena 6000 ton bukan jumlah yang sedikit, jadi Bulog mesti mempersiapkan terlebih dahulu,” ujarnya.

Nuradi memastikan, tidak ada penambahan atau pengurangan kuota penerima Bansos tahap tiga. “Kuotanya tetap, tidak ada perubahan baik pengurangan atau penambahan dengan tahap dua kemarin,” tegasnya.

Sekedar diketahui, pada pendistribusian Bansos tahap dua kemarin, Pemkab Bogor menyediakan 6000 ton beras Bulog, untuk 200 ribu Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS). Dengan rincian 30 kilogram untuk setiap KRTS.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya dari Disperdagin, saat ini pihaknya masih melakukan pematangan dan evaluasi pendistribusian Bansos tahap dua.

Hal tersebut dilakukan agar pada proses pendistribusian Bansos tahap tiga, lebih baik dan lebih efektif ketimbang sebelumnya. Disperdagin juga saat ini sedang menunggu kesiapan dari Bulog.

“Kita dapat laporan dari Disperdagin, saat ini semuanya sedang dipersiapkan. Kita juga masih menunggu kesiapan dari Bulog. Kalau dari Bulognya sudah ready baru kita umumkan,” ucapnya

Iwan menegaskan, jika Bansos beras tahap tiga ini merupakan Bansos terkahir dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Nantinya, Pemkab Bogor akan lebih fokus untuk memberikan stimulus, kepada masyarakat Kabupaten Bogor dalam skala kelompok.

“Jadi tidak ada Bansos tahap empat, lima dan tahap enam. Kita akan lebih condong.kepada bantuan pendidikan, bantuan kelompok seperti UMKM. Jadi bantuannya kita alihkan,” tutupnya.

Penulis : KWN03